Minggu, 11 Januari 2009

Pentingnya Kejujuran Pasien dan Keluarganya

Bagi siapa saja yang pernah sakit atau ikut mengantarkan orang yang sakit hingga bertemu langsung dengan dokter seharusnya mengetahui bahwa hal pertama yang dilakukan dokter adalah bertanya tentang riwayat kesehatan dan penyakit pasien kepada pasien dan keluarganya. Dalam ilmu kedokteran ini disebut anamnesis.
Anamnesis merupakan 80 % modal dokter dalam melakukan diagnosis (penetapan daftar masalah) penyakit.Dalam anamnesis dibutuhkan kerjasama dari pasien dan keluarga untuk secara jujur memberikan informasi terkait data diri pasien, keluhan utama pasien, riwayat penyakit sekarang dan riwayat pengobatannya, riwayat penyakit dahulu dan pengobatannya, riwayat penyakit kelurga dan riwayat sosial ekonomi. Dalam anamnesis, dokter akan menggali gejala penyakit yang menunjukkan perjalanan penyakit sehingga didapat kemungkinan terbesar jenis penyakit pada pasien. Dalam melakukan anamnesis dokter menggunakan pengetahuan teori kondisi tubuh manusia dalam keadaan sehat dan sakit. Dokter berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan gambaran keadaaan kesehatan dan penyakit pasien secara penuh. Untuk itulah dokter harus mendapat informasi yang benar dari pasien dan keluarga.
Kejujuran pasien dan keluarganya merupakan awal dari kemungkinan penatalaksaan pasien dengan baik dan benar. Hal ini sangat menentukan pemeriksaan klinis maupun laboratorium lanjutan yang akan dilakukan oleh dokter. Misalnya, jika pasien dan keluarga tidak mengeluhkan keadaan sakit pada alat kelamin pasien maka dokter kemungkinan besar tidak akan memeriksa kelamin pasien. Jika pasien dan keluarga tidak mengeluhan keadaan sakit pada payudara pasien maka dokter kemingkinan besar tidak akan melakukan pemeriksaan mendetail pada dada pasien. Bila info dari pasien salah maka anamnesis akan tidak valid. Akibatnya 80% modal dokter dalam melakukan diagnosis (penetapan daftar masalah) penyakit akan terganggu. Yang terjadi kemudian ialah ketidakefektifan pengobatan karena penyakit yang mau diobati tidak terdeteksi.
Menimbang hal itu semua maka perlu disadari pentingnya Kejujuran Pasien dan Keluarganya kepada dokter. Bukankah dokter juga manusia dan dokter bukan paranormal. Jadi, bekerjasamalah dengan baik dengan cara berkata jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar